Konfigurasi DNS Server di Debian 9

Domain Name System atau biasa disingkat dengan DNS Server merupakan sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan alama IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP. DNS Server bertujuan agar alamat IP mudah diingat dengan nama saja ketimbang no IP nya oleh para pengguna Internet.
Sebelum ke konfigurasi pastikan kalian menkonfigurasikan IP Address terlebih dahulu.

Berikut adalah konfigurasi DNS Server di Debian 9:

1.  Pertama install paket DNS Server terlebih dahulu dengan perintah apt-get install bind9

2. Lalu masuk ke direktorinya cd /etc/bind/

3. Lalu lakukan backup file terlebih dahulu dengan cara mencopy file db.local db.255. Copy dengan masukkan perintah cp db.local db.febryid cp db.255 db.febryidrev. Copy file dengan nama bebas, disini saya menggunakan nama db.febryid & db.febryidrev.

4. Setelah itu masuk ke perintah nano named.conf.local

5. Tambahkan tulisan seperti dibawah. Keterangan febry.id itu adalah nama domainnya, 56.168.192 itu adalah IP Address yang diurutkan dari belakang, lokasi file sesuai dengan lokasi file yang tadi kita copy kan.

zone "febry.id" {

type master;

file "/etc/bind/db.febryid";

};

 

zone "56.168.192.in-addr.arpa"{

type master;

file "/etc/bind/db.febryidrev";

};

6. Lalu masuk ke file db.febryid dengan perintah nano db.febryid. Disana kita atur loopback nya ubah kata localhost menjadi nama domainnya. Ubah IP menjadi IP Address yang sudah dibuat. Jangan lupa tambahkan line dibagian bawah. Kalau sudah kita save file tersebut.

7. Setelah pengaturan sebelumnya, masuk ke perintah nano db.febryidrev. Disini kita akan mengatur broadcast zone. Sama seperti sebelumnya ubah kata localhost menjadi nama domainnya, Ubah juga IP menjadi domain yang dibuat. Jangan lupa tambahkan line di barisan akhir seperti di gambar. Kalau sudah save file tersebut.

8. Selanjutnya masuk epengaturan host di server kita dengan perintah nano /etc/hosts. Lalu ubah seperti dibawah. Hosts disini berfungsi sebagai tanda pengenal IP dan Domain ketika melakukan transfer. Kalau sudah save file tersebut.

9. Lanjut masuk kedalam perintah nano /etc/resolv.conf. Tambahkan seperti gambar dibawah. search dengan nama domain, nameserver dengan ip server. Kalau sudah save file tersebut.

10. Setelah selesai tahap pengeditan, lanjut untuk merestart paket bind9 dengan cara /etc/init.d/bind9 restart jika status ok berarti tidak ada yang salah.

10. Lalu coba ping nama domain tersebut, jika reply maka berhasil.

11. Cek dns tersebut dengan melakukan nslookup, sebelumnya install terlebih dahulu paketnya dengan perintah apt-get install dnsutils. Setelah install cek dengan perintah nslookup 192.168.56.10 nslookup febry.id. nslookup alamat IP & Domain.

Yah itulah, Konfigurasi DNS Server sudah selesai. Jika masih status gagal mungkin coba diteliti lagi, bisa saja salah di titik & koma karena sangat mempengaruhi sekali jika ada yang kurang sedikit pun.
Sekian & selamat mencoba…

Leave a Reply